Jumat, 28 Desember 2012

Karyawan Terbaik

Pengumuman Karyawan Terbaik

Ikut tergelitik buat ngebahas pengumuman karyawan terbaik atau kalo kata perusahaan-perusahaan gede, “Employee Of The Month” gara-gara si ibu HRD! :D

Dua hari yang lalu, beliau bikin pengumuman tentang “Pemilihan Karyawan Terbaik 2012”. Pengumuman itu bikin temen-temen di kantor jadi penasaran, siapa sih? siapa?, termasuk gue yang penasaran akut tapi gak berharap bakal terpilih jadi karyawan terbaik mengingat salah satu kriteria karyawan terbaik adalah “absensi tertib”, dan gue sadar diri buat yang satu itu… #hopeless…

But who know…kali aja…jadi karyawan terbaik…gaji bln depan naik 100% trus dapet bonus akhir taon… #Lalalaaa…

Tik tok tik tok tik tok…akhirnya…setelah 2 hari menunggu…si karyawan teladan 2012 diumumin.  Pas gue intip di-white board kantor…ternyata isinya “cermin”!!!

Gak tau otak gue yang “lama” apa gimana yah…gue sempet mikir…ini maksudnya apa??? Kita masih harus nunggu pengumuman lagi atau gimana? Kenapa yang ditempelin justru “cermin” bukan foto atau nama si karyawan terbaik???

Dan…begini penjelasan HRD gue, “Itu berarti semua karyawan di kantor ini terbaik. Coba lihat, siapa yang ada didalam cermin?”. Gw jawab dalam hati, “Gue!”.  

Akhirnya gue ngerti, kenapa si Ibu HRD justru nempelin cermin yang mantulin objek didepannya bukan foto atau nama si karyawan terbaik. Ada dampak positif dan negatif-nya dari “Pemilihan Karyawan Terbaik” ini.
Dampak positifnya udah pasti “motivasi”, si karyawan terpilih bakal termotivasi buat bekerja lebih baik lagi dan berusaha buat mempertahankan “predikat”-nya. Pun bagi karyawan yang belum terpilih pasti bakal termotivasi buat mengejar “predikat terbaik” di periode berikutnya.
Tapi jangan salah, dampak negatif juga ada. Buat yang terpilih, “mungkin” aja jadi sombong, karena…kalo kata orang-orang, sombong sama bangga beda tipis. Buat karyawan yang belum terpilih mungkin bisa menimbulkan prasangka-prasangka negatif.

Kalo masih pengen tau terbaik apa gak, kita masih bisa nilai sendiri kok.
1. Dapat diandalkan?
Tepat waktu setiap hari, kalo sakit atau gak bisa masuk kerja, gue bakal lapor atasan.
2. Cukup fleksibel?
Memberikan yang terbaik atas tugas yang diberikan pada hari itu, selalu siap untuk mendapatkan tanggung jawab yang baru.
3. Cukup berani mengambil inisiatif?
Aktif buat berinisiatif mengerjakan tugas-tugas atau pasif menunggu tugas, selalu bertanya buat belajar lebih banyak atau bakal terpaku sama pengetahuan yang ada.
4. Memiliki sikap-sikap yang positif?
Selalu berperilaku positif, selalu membantu yang lain, dan yang lain pun merasa nyaman bekerja sama.
5. Memiliki motivasi?
Memiliki keinginan kuat buat bekerja, selalu mencoba belajar hal-hal baru, bekerja dengan kemampuan terbaik.
6. Sudah bekerja melebihi yang diinginkan atasan?
Kita perlu mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan atasan, apa expectation yang kita dapat dari atasan? Sebaiknya kejar prestasi kerja yang melebihi harapan atasan (exceed expectation).
7. Cukup memenuhi tata krama dan sopan santun sesuai budaya kerja di perusahaan?
Ini penting, karena walaupun kita sangat brilian, tapi kalau sulit berkomunikasi dan bahkan suka meyebalkan atasan, maka kecemerlangan bisa tertutup.
I love my job

However, buat gue…yang lebih penting adalah bagaimana bersikap yang baik di kantor. Dan sampe sekarang gue masih inget salah satu filosofi kerja yang lagi-lagi menggelitik gue, “Love your job, but never fall in-love with your company because you’ll never know when the company stops loving you”… :D









Sumber : http://visijobs.com/beta/column/detail/2011/10/25/Menjadi-Karyawan-Teladan-sebagai-Suatu-Sikap-Profesional

4 komentar:

  1. hahahahahahah aku belum liat k belakang,, ntar klo liat mau aku foto pas diriku bercermin ahh wkwkwwk,, karyawan terbaik gitu lohh :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduhh...iya ya fan...harusnya ak foto pas lagi "ngaca" jugaaa... :D

      Hapus