Pengumuman Karyawan Terbaik |
Ikut tergelitik buat ngebahas
pengumuman karyawan terbaik atau kalo kata perusahaan-perusahaan gede,
“Employee Of The Month” gara-gara si ibu HRD! :D
Dua hari yang lalu, beliau bikin
pengumuman tentang “Pemilihan Karyawan Terbaik 2012”. Pengumuman itu bikin
temen-temen di kantor jadi penasaran, siapa sih? siapa?, termasuk gue yang
penasaran akut tapi gak berharap bakal terpilih jadi karyawan terbaik mengingat
salah satu kriteria karyawan terbaik adalah “absensi tertib”, dan gue sadar
diri buat yang satu itu… #hopeless…
But who know…kali aja…jadi
karyawan terbaik…gaji bln depan naik 100% trus dapet bonus akhir taon…
#Lalalaaa…
Tik tok tik tok tik
tok…akhirnya…setelah 2 hari menunggu…si karyawan teladan 2012 diumumin.
Pas gue intip di-white board kantor…ternyata isinya “cermin”!!!
Gak tau otak gue yang “lama” apa
gimana yah…gue sempet mikir…ini maksudnya apa??? Kita masih harus nunggu
pengumuman lagi atau gimana? Kenapa yang ditempelin justru “cermin” bukan foto
atau nama si karyawan terbaik???
Dan…begini penjelasan HRD gue,
“Itu berarti semua karyawan di kantor ini terbaik. Coba lihat, siapa yang ada
didalam cermin?”. Gw jawab dalam hati, “Gue!”.
Akhirnya gue ngerti, kenapa si
Ibu HRD justru nempelin cermin yang mantulin objek didepannya bukan foto atau
nama si karyawan terbaik. Ada dampak positif dan negatif-nya dari “Pemilihan
Karyawan Terbaik” ini.
Dampak positifnya udah pasti
“motivasi”, si karyawan terpilih bakal termotivasi buat bekerja lebih baik lagi
dan berusaha buat mempertahankan “predikat”-nya. Pun bagi karyawan yang belum
terpilih pasti bakal termotivasi buat mengejar “predikat terbaik” di periode
berikutnya.
Tapi jangan salah, dampak
negatif juga ada. Buat yang terpilih, “mungkin” aja jadi sombong, karena…kalo
kata orang-orang, sombong sama bangga beda tipis. Buat karyawan yang belum
terpilih mungkin bisa menimbulkan prasangka-prasangka negatif.
Kalo masih pengen tau terbaik
apa gak, kita masih bisa nilai sendiri kok.
1. Dapat diandalkan?
Tepat waktu setiap hari, kalo
sakit atau gak bisa masuk kerja, gue bakal lapor atasan.
2. Cukup fleksibel?
Memberikan yang terbaik atas
tugas yang diberikan pada hari itu, selalu siap untuk mendapatkan tanggung
jawab yang baru.
3. Cukup berani mengambil
inisiatif?
Aktif buat berinisiatif
mengerjakan tugas-tugas atau pasif menunggu tugas, selalu bertanya buat belajar
lebih banyak atau bakal terpaku sama pengetahuan yang ada.
4. Memiliki sikap-sikap yang
positif?
Selalu berperilaku positif,
selalu membantu yang lain, dan yang lain pun merasa nyaman bekerja sama.
5. Memiliki motivasi?
Memiliki keinginan kuat buat
bekerja, selalu mencoba belajar hal-hal baru, bekerja dengan kemampuan terbaik.
6. Sudah bekerja melebihi yang
diinginkan atasan?
Kita perlu mengetahui apa
sebenarnya yang diinginkan atasan, apa expectation yang kita dapat dari atasan?
Sebaiknya kejar prestasi kerja yang melebihi harapan atasan (exceed expectation).
7. Cukup memenuhi tata krama dan
sopan santun sesuai budaya kerja di perusahaan?
Ini penting, karena walaupun
kita sangat brilian, tapi kalau sulit berkomunikasi dan bahkan suka meyebalkan
atasan, maka kecemerlangan bisa tertutup.
However, buat gue…yang lebih
penting adalah bagaimana bersikap yang baik di kantor. Dan sampe sekarang gue
masih inget salah satu filosofi kerja yang lagi-lagi menggelitik gue, “Love
your job, but never fall in-love with your company because you’ll never know
when the company stops loving you”… :D
Sumber :
http://visijobs.com/beta/column/detail/2011/10/25/Menjadi-Karyawan-Teladan-sebagai-Suatu-Sikap-Profesional
kereeeeeeennnnnnnn
BalasHapusHhihiii..makasiiih... :*
Hapushahahahahahah aku belum liat k belakang,, ntar klo liat mau aku foto pas diriku bercermin ahh wkwkwwk,, karyawan terbaik gitu lohh :P
BalasHapusHaduhh...iya ya fan...harusnya ak foto pas lagi "ngaca" jugaaa... :D
Hapus