Kamis, 13 Desember 2012

Pembuat Anti Virus Lokal



Makin gerah ya…mendengar celotehan sibapak kepala daerah itu..atau isu-isu pulsa ponsel yang mau dikenain cukai..atau mantan presiden kitalah yang diomongin orong sono (mudah-mudahan gak ada stigma negatif yaa). Dari pada ikut-ikutan ngomongin hal-hal yang bikin gerah, mending kita ngomongin hal-hal yang bisa bikin kita bangga… :D

Kesel gak sih, kalo lagi sibuk sama laptop trus tiba-tiba nongol task yang aneh-aneh…virus-virus nyebelin! Berhubung gw gak ngerti bahasa pemrogaraman, cuma dua hal yang bisa dilakuin, pertama..buru-buru scan pake anti virus terupdate atau yang kedua..pasrah trus matiin pc..#hopeless…

Beda banget sama orang-orang hebat yang udah nyiptain anti virus keren di Indonesia.

1.       Blue Atom
Pembuatnya adalah siswa SMP asal Surabaya bernama Alvin Leonardo. Antivirus buatannya ini sudah mendapatkan garansi 100% Clean dari softpedia.com pada tanggal 19 Oktober 2009, yang membuat kaget adalah dia tidak melakukan kursus atau bimbingan bahasa pemrograman untuk membuat antivirus ini, tapi dia belajar secara otodidak dengan mempelajari 3 bahasa pemrograman sekaligus yaitu Visual Basic, C#, dan Assembler (ASMX 86), dan menurut pakar IT yang juga Dekan FTIf ITS Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD mengatakan bahwa Alvin ini akan diikutkan pada lomba-lomba pemrograman dan potensinya bisa dibina untuk menjadi Hacker ilmu putih (WhiteHat).

Blue Atom Screenhoot


2.       ARTAV
Nama ARTAV terobsesi dari nama pembuatnya yaitu Arrival Dwi Sentosa. Saat menciptakan ARTAV, Arrival merupakan siswa kelas 2 di SMPN 48 Bandung, Jawa Barat. Arrival mengaku bahwa ARTAV dibuat menggunakan program VB (Visual Basic). Dan ARTAV diperkirakan hadir pada tahun 2010.

Artav Screenshoot



3.       PCMAV (PCMedia Anti Virus)
Pembuatnya bernama Anton Reinhald Pardede, berpendidikan hampir sarjana (karena di DO oleh Binus), lalu bekerja disejumlah perusahaan sekuriti dan penerbitan. PCMAV sendiri diperkirakan hadir pada tahun 2006, ketika itu demam virus Brontok mulai merajarela, Mendadak PCMAV muncul dan mengklaim satu-satunya anti virus di dunia yang mampu membasmi Brontok dan variannya sampai ke akar-akarnya.
PCMAV Screenshoot


4.       ANSAV (An’s Anti Virus)
Pembuatnya bernama Anvie. Salah satu kelebihan Ansav merupakan Antivirus yang portable, Kelebihan lain Antivirus ini terletak pada plugin yang bisa ditambahkan dan dilepaskan seperti hidden revealer, deep slayer, process image finder, dan registryFX. Cukup jarang ada AntiVirus yang menggunakan konsep plugin seperti ANSAV. Kemunculannya diperkirakan pada tahun 2007.
Ansav Screenshoot


5.       SMADAV
Dikembangkan Zainuddin Nafarin. Nama SMADAV diambil dari singkatan sekolahnya (Smada) SMA 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sedangkan AV tentunya singkatan dari anti virus. SMADAV diperkirakan mulai muncul antara tahun 2008-2009, namun perkembangan anti virus ini cukup mencengangkan, karena terbukti telah banyak mengambil hati para pengguna komputer lokal, dengan banyak menggunakan produk SMADAV.
Smadav Screenshoot



Ngebahas lima dari beberapa master anti virus hebat di Indonesia lebih enakkan, dibanding ikut ngomongin hal-hal yang bikin “gerah”..? :D











Sumber :
1.       game8indo.com
2.       forum.viva.co.id
3.       teknologi.kompasiana.com

2 komentar:

  1. tp virus autorun blom ada yg bs ilangin dr sekian antivirus yg disebut di atas.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm...iya yh...autorun kayak kutu rambut...ilang timbul ilang timbul...

      Hapus