Senin, 03 Desember 2012

Bertolak Belakang!



Demo buruh

Belakangan berita tentang demo buruh untuk kenaikan UMK makin menjadi-jadi, protes keras ini berimbas pada banyak hal, perusahaan yang gulung tikar, isu PHK, kenaikan BBM, bahkan gw sempat baca artikel disalah satu media online dengan judul, “Inflasi di Sebungkus Nasi Padang”, ikut membahas kenaikan harga sepotong rendang! Wow bukan? (Padahal BBM gak jadi naik lohh!)

Artikel gw kali ini sebenarnya bukan untuk membahas inflasi, tapi lebih kepada perilaku konsumtif masyarakat kita yang bisa gw kategoriin di level “waspada”. Dari demo buruh yang meminta kenaikan upah, bisa kita tarik kesimpulan, kalo upah yang didapetin buruh saat ini, tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari.  Tapi lihat tingkat konsumsi masyarakat kita yang menurut gw makin menjadi-jadi, bertolak belakang dari protes buruh kan???

Penampakan yang lagi belanja!

Kemarin, minggu 2 Desember 2012, gw ke Pasar Baru – Bandung, dan seperti yang orang-orang Bandung tau, pusat perbelanjaan yang satu ini selalu padat merayap tiap hari, entah itu weekday entah itu weekend, gak ada bedanya. 

Gw seneng kesini kenapa, karena selain bukan konsumen brand mahal, gw juga seneng tawar menawar harga, itupun gak tiap bulan juga gw bisa mampir kesini, tergantung sisa budget… :( Oiya, kalo mau datang kesini, lo kudu siapin kesabaran, stamina & semangat yang tinggi, kalo gak siap, lebih baik balik kanan aja (hha). Tapi apa yang gw lihat, ada ibu-ibu lagi bawa anak-anaknya yang masih kecil-kecil buat nyari baju, ada yang bawa belanjaan ampe segendong-gendongan. Nyuekin anaknya ampe nangis-nangis dilantai gara-gara sibuk belanja. Hufttt…

Menurut hemat gw yang emang sok hemat ini, gw setuju dengan pemerintah, ”tingkatkan daya beli produk Indonesia”. Tapi gak gitu juga kaliii, sebagai anak yang baik, kita kudu tau usaha orang tua, bagi yang udah nikah, lo kudu tau juga gimana susahnya suami kerja, atau buat yang punya penghasilan sendiri, pikirin masa depan keluarga, itu jauh lebih baik.

Tapi balik lagi, itu cuma menurut hemat gw. Gw juga “wanita biasa” yang kalo liat “diskon” bisa gak waras.. :D Dan, kalo ngomongin masalah kenaikan gaji/upah, gw sih seneng banget, apalagi kalo bisa 100%,hhi…tapi pemerintah kudu tetep perhatiin imbas dari kenaikan UMK yaaa..jangan ABS! ^^v
Sale! Sale! Sale!

1 komentar:

  1. Indonesia..disaat mahasiswa dan masyarakat demo kenaikan BBM tp mobil mewah lalu lalang dimana2..kesenjangan sosial makin terlihat..yg kaya makin kaya yg miskin semakin melarat...korupsi dimana2 buat memperkaya diri sendiri..
    carut marutnya negeri ini..huft...

    btw saya senang baca membaca artikel yg km buat..infonya

    BalasHapus