Sabtu, 01 Desember 2012

Kutu Beras

Udah tiga hari tiga malam gw dihantui kutu beras. Semalem gw malah mimpi buruk gara-gara sikutu beras. Kebayang dooonk…kalo difilm-film zombie, lo lari ketakutan gara-gara dikejar zombie, nah gw lari ketakutan gara-gara kutu beras! Kutu beras nongol dimana-mana, di meja, selimut, bantal bahkan ampe dinding kamar gw berubah corak gara-gara kutu beras.
Gak cuma ganggu mimpi gw, ini kutu beras juga iseng banget gangguin pas lagi anteng. Lagi nonton tv, tiba-tiba nongol di ujung tv, baru mau duduk, eh sikutu beras mau ikutan duduk juga bareng gw. Trus maunya apa sihh???

Rice weevil attack, serangan kutu beras ini awalnya gara-gara beras merah yang gak sadar udah gw simpen berbulan-bulan lalu. Maklum, sebagai anak rantau yang tinggal dikost-kostan, gw jarang banget masak bahkan bisa dibilang hampir gak pernah.
Insekta yang satu ini dewasanya sekitar 2 mm dengan muncung panjang. Warna badannya keliatan item, tapi kalo diliat dari dekat, empat titik merah tersusun sepanjang penutup sayap.


Kutu beras

Nah, biar gak ada yang bernasib apes kayak gw gara-gara rice weevil attack ini, gw mau berbagi beberapa tips buat ngatasin sikutu beras:
  1. Masukin 50 gram daun jeruk purut yang udah ditumbuk ke dalam 10 kg beras. Sesekali buka tempat penyimpanan beras biar gak bau.
  2. Campur  beras dengan 2-3 tangkai daun asam jawa yang udah dibersihin atau dikeringin ke dalam tempat penyimpanan beras.
  3. Masukin 2-3 tangkai daun belimbing wuluh yang udah dibersihin dan dikeringin ke dalamnya.
  4. Masukin beberapa batang lada kering ke dalam campuran beras.
  5. Masukin 1-3 buah cabe kering ke dalam beras.
Terakhir, jangan lupa tutup kotak penyimpan dengan rapat, simpan di tempat kering dan sejuk.
Tapi, saran terbaik gw buat lo yang statusnya sama kayak gw, anak rantau yang tinggal di kost-kostan & jarang masak, lebih baik jangan beli beras. Selain menghindari lo dari rice weevil attack, lo juga menghormati para petani kita yang udah susah payah tanam padi.

Oiya, masalah tinggal satu, gimana caranya sikutu beras kabur dari kamar gw. Setau gw, kutu beras hidup disuhu 27 - 31 derajat Celcius. Berhubung kamar gw cuma sepetak & beruntungnya punya kulkas, gw buka aja pintu kulkas selama mungkin. Setelah puas, kasih semprotan anti serangga, sampe gw batuk-batuk semaleman. Konyol banget ya? Hha. Mudah-mudahan gak ada rice weevel attack lagi dikamar gw... :D

Keep it… ^^v













Sumber : http://female.kompas.com/read/2011/10/18/09300076/Agar.Beras.Bebas.Kutu

6 komentar: