Jumat, 08 Februari 2013

Kuesioner Kepribadian & Tingkat Ketegangan


Kuesioner ini dibagi menjadi dua bagian, pertama test kepribadian dan kedua tingkat ketegangan.

Nilailah jawaban Anda sebagai berikut:
a.      +2
b.      +1
c.       -1
d.      -2

I.                  Test kepribadian

1.              Waktu di arloji saya saat ini diatur …
a.             lebih cepat
b.             tepat waktu
c.             lebih lambat
d.             saya tidak tahu pasti

2.              Saya … merasa terburu-buru.
a.             selalu
b.             sering
c.             jarang
d.             tidak pernah

3.              Ketika menanti seseorang, suasana hati saya biasanya …
a.             sangat tidak sabar
b.             tidak sabar
c.             sedikit kurang sabar
d.             cuek (tidak peduli)

4.              Pola kerja saya paling tepat digambarkan sebagai berikut:
a.             Melakukan semua hal  segera
b.             Melakukan beberapa hal segera
c.             Menghabiskan lebih banyak waktu pada apa yang disorot orang
d.             Melakukan satu hal dan membiarkan hal lainnya menunggu

5.              Pada hari-hari kerja, saya biasanya makan siang …
a.             sambil bekerja
b.             dengan rekan-rekan sambil mendiskusikan pekerjaan
c.             di luar tempat kerja
d.             di restoran atau tempat lain yang saya bisa santai

6.              Pernyataan berikut ini yang paling tepat menggambarkan saya:
a.             Saya tidak tertarik pada hal-hal di luar pekerjaan saya
b.             Saya sangat tertarik pada hal-hal di luar pekerjaan saya dan hal-hal tersebut cenderung menyita banyak waktu saya
c.             Saya tertarik pada satu atau dua hal yang tak berhubungan dengan pekerjaan saya
d.             Saya tertarik pada sejumlah hal-hal selain pekerjaan saya

II.              Tingkat kegelisahan

7.              Pernyataan berikut ini yang paling tepat menggambarkan saya:
a.             Saya merasa sangat tidak nyaman bila harus bertindak mengambil risiko
b.             Saya tidak suka mengambil risiko kecuali pada saat terpaksa/kepepet
c.             Saya suka bertindak mengambil risiko
d.             Setiap orang toh akan mati juga pada saatnya

8.              Pernyataan berikut ini yang paling tepat menggambarkan saya:
a.             Saya sangat percaya diri
b.             Saya cukup percaya diri tapi sadar akan keterbatasan saya
c.             Saya terkadang khawatir apakah saya dapat menyelesaikan pekerjaan yang telah saya tetapkan
d.             Saya sering khawatir apakah saya dapat menyelesaikan pekerjaan yang telah saya tetapkan

9.              “Apapun yang terjadi, biarlah terjadi.” Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut?
a.             Sepenuhnya setuju
b.             Setuju dengan catatan
c.             Hampir-hampir tidak setuju
d.             Sama sekali tidak setuju

10.          Seberapa sering Anda merasa siap untuk menghadapi situasi yang menantang?
a.             Sama sekali tidak pernah siap
b.             Jarang siap
c.             Biasanya siap
d.             Selalu siap

11.          Seberapa sering Anda menemukan hal-hal tak terduga dalam hidup Anda?
a.             Sangat sering
b.             Agak sering
c.             Jarang
d.             Hampir tidak pernah

12.          Seberapa sering Anda merasa gelisah/gugup?
a.             Hampir tidak pernah
b.             Sekitar sekali seminggu
c.             Kebanyakan hari-hari saya
d.             Beberapa kali dalam sehari

Jumlahkan nilai-nilai Anda untuk pertanyaan 1 sampai 6. Nilai-nilai plus dan minus akan saling mengurangi. Hasilnya harus merupakan suatu bilangan di antara +12 dan -12. Ini menggambarkan Jenis Kepribadian Anda (A atau B).
Jumlahkan nilai-nilai Anda untuk pertanyaan 7 sampai 12. Nilai-nilai plus dan minus akan saling mengurangi. Hasilnya harus merupakan suatu bilangan di antara +12 dan -12. Ini menggambarkan Jenis Kegelisahan Anda (Rendah atau Tinggi).

Kuadran Penilaian

Gunakan dua nilai Anda sebagai koordinat untuk memberikan satu posisi tunggal pada kuadran di bawah ini. Misalnya kedua nilai positif (1 hingga 12) akan menempatkan Anda pada warna kuning, sedangkan bila kedua nilai negatif (-1 hingga -12) akan menempatkan Anda pada warna biru.
Kuadran Penilaian
Penjelasan Penilaian

Nilai vertikal diturunkan dari konsep Keribadian jenis A dan B. Jenis A banyak menginvestasikan dirinya ke dalam pekerjaan, bisa menghadapi kesulitan mendelegasikan dan berhubungan dengan orang-orang yang kurang menginvestasikan dirinya dalam pekerjaan. Kepribadain jenis A cenderung menderita gangguan kesehatan akibat stress, misalnya serangan jantung.

Skala horisontal menggambarkan tingkat kecenderungan seseorang dalam meragukan kemampuannya menyelesaikan tugas. Hal ini lebih mengukur keyakinan diri (self-esteem) daripada kemampuan aktual, karena banyak orang yang mengira dirinya tak mampu melakukan tugas sebenarnya mampu. Ini menciptakan empat kuadran yang bisa dijelaskan sebagai berikut:

Kuning
Anda cenderung banyak menginvestasikan diri ke dalam pekerjaan Anda dan juga mengalami tingkat stress yang tinggi dari faktor-faktor lingkungan penyebab stress. Tampaknya Anda menderita stress paling banyak di tempat kerja dan dipengaruhi oleh faktor-faktor penyebab stress di rumah dan tempat² lainnya.

Hijau
Anda cukup seimbang dalam menginvestasikan diri Anda ke dalam pekerjaan dan hal-hal lain di luar itu, tapi bisa tingkat stress yang cukup tinggi dari faktor-faktor lingkungan penyebab stress. Anda bisa menemukan bahwa sumber-sumber stress dari luar kerja akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk bekerja dengan baik.

Merah
Anda cenderung banyak menginvestasikan diri Anda ke dalam pekerjaan Anda tapi mengalami tingkat stress yang rendah dari faktor-faktor lingkungan penyebab stress. Anda bisa jadi ambisius tapi cukup fatal untuk tidak membiarkan kegagalan mempengaruhi Anda.

Biru
Anda punya sikap cukup santai (relax) untuk bekerja dan sumber² stress. Ini berarti Anda tidak merasa gelisah atau tidak mampu untuk bekerja, namun bisa jadi tidak sadar tatkala masalah telah bertumpuk. Anda bisa berisiko tidak memperhatikan ketika stress di tempat kerja mulai mempengaruhi orang² lain, atau menyalahkan mereka ketika hal itu terjadi.

#Semoga bermanfaat... :D








Sumber : http://belajarbersama.multiply.multiplycontent.com/journal/item/4

2 komentar:

  1. mbak saya mau tanya..
    kuesionernya ini sumbernya dari mana ya ?
    ada buku nya ?
    karena saya lagi penelitian dan mencari sumber asli kuesioner tipe kepribadian A B susah sekali. mohon bantuannya .
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..mbak shella...saya juga dapet dari blog...
      ini link ny :
      http://belajarbersama.multiply.multiplycontent.com/journal/item/4

      sukses untuk penelitian ny ya mbak... :)

      Hapus