Jumat, 08 Februari 2013

Usir Rasa Cemas

Jika sebelumnya kita mengetahui kepribadian dan tingkat stress dari postingan sebelumnya, kali ini kita akan membahas, tentang cara mengusir stress atau cemas.
Ilustrasi
Cemas bisa berujung pada rasa panik. Misalnya ketika akan melakukan presentasi penting di kantor. Lalu bagaimana cara mengusir kecemasan itu?

1.       Seduh teh bunga kamomil, kemudian nikmati selagi hangat. Sebab teh bunga kamomil terkenal mampu membuat tubuh lebih rileks. Hindari minuman berkafein seperti kopi, sebab sifatnya justru membuat jantung berdetak lebih cepat dan memperparah rasa cemas.
2.       Kunyah beberapa biji kapulaga. Rempah yang satu ini telah dipercaya sejak zaman dahulu untuk mengatasi perasaan yang terlalu emosional. Sebagai bonus, kapulaga juga ampuh membuat napas lebih segar.
3.       Selain teh bunga kamomil, Anda juga bisa menikmati teh rose hip. Sebelum diminum, hirup dulu aroma dari teh rose hip yang menenangkan. Cemas pun akan hilang dalam sekejap.
4.       Tarik napas dalam-dalam selama lima menit. Cara ini adalah yang paling mudah dan ampuh mengusir kecemasan.
5.       Telepon teman, kemudian ungkapkan apa yang Anda rasakan. Kata-kata lembut dari teman akan membuat Anda lebih tenang dan siap menghadapi situasi yang memicu kecemasan.
6.       Ambil semangkuk oatmeal, lalu makan dengan tenang. Oatmeal yang terbuat dari gandum utuh mampu merangsang produksi serotonin, hormon yang memberi efek perasaan senang pada tubuh.
7.       Cara mudah dan murah lain untuk mengusir rasa cemas adalah minum segelas besar air putih. Kenapa? Sebab air putih bersifat seperti oase pada sistem tubuh dan mampu mengurangi kecemasan.
8.       Jangan makan donat saat Anda cemas. Kadar gula hanya akan meningkat dan produksi hormon cortisol - penyebab stres - juga semakin bertambah.
9.       Ayo keluar ruangan. Memandang rumput yang hijau, langit yang biru, dan menghirup udara segar adalah metode lain untuk mengusir kecemasan secara instan.
10.   Cobalah melakukan beberapa pose yoga yang memposisikan kepala di bagian bawah. Gerakan seperti itu akan membantu peredaran darah dalam otak sehingga rasa cemas segera hilang dalam hitungan menit.

Demikian sepuluh langkah instan mengusir kecemasan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!





http://www.merdeka.com/sehat/10-langkah-instan-mengusir-kecemasan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar