Senin, 21 Januari 2013

Fenomena Manusia Aluminium

Manusia Aluminium
Beberapa bulan belakangan ini, gue sering banget nemuin orang-orang yang badannya di cat silver dari ujung rambut ampe kaki, lalu lalang di jalanan kota Bandung bari bawa-bawa kardus yang depannya ditulis “Sumbangan Yatim Piatu”, yang selanjutnya gue sebut sebagai “Manusia Aluminium”.


Sebagai warga yang “pasif”, gue turut senang karena makin banyak orang yang turun ke jalan buat ngebantu orang laen, bahkan kalo kita ngubek kata-kata “talk less do more”, (khusus) buat orang-orang yang bisanya cuma berkoar-koar…”ayooo…kita bantu warga yang kurang mampu dan anak-anak terlantar…!!!”, tapi gak ngelakuin apapun, manusia aluminium ini jauh lebih baik. (Terlepas dari mereka bener-bener menyalurkannya ke tangan yang membutuhkan atau gak yaaa…)

Saking penasarannya, gue coba browsing tentang manusia aluminium ini di laman mbah google, pake kata kunci inilah, itulah, tapi gak ada satu artikel-pun yang bener-bener ngasih tau gue tentang sejarah lahirnya para manusia aluminium ini. Sampe akhirnya gue nemu satu berita online yang ngebahas mereka.

Asal Mula
Peduli Yatim Piatu

Sebuah universitas seni di Bandung menggalang aksi solidaritas untuk beberapa bencana di daerah lain. Para mahasiswa itu menge-cat seluruh tubuh dan wajah bahkan hingga rambut sambil membawa dus lalu bertreatikal. 

Kegiatan mereka cukup mendapat apresiasi, karena di setiap aksinya, mereka membawa spanduk dan mahasiswa lain menggunakan almamater. Aksi inipun berlanjut setiap tahunnya di bulan Agustus.

Tapi sekarang, setiap hari…! --“ 

Gue bisa jamin, kalo manusia aluminium yang sekarang turun ke jalan bawa-bawa kotak sumbangan bukan dari kalangan mahasiswa lagi, kenapa…karena, selain gue gak ngeliat ada yang bawa-bawa spanduk dan yang laennya gak pake almamater, yang ada malah…setiap pagi gue ngeliat mereka berkumpul di sudut jalan saling ngebantu buat nge-cat temen-temennya, dan setelah itu, mereka kompak turun ke jalan tanpa menggunakan alas kaki, sambil sesekali menirukan gaya robot berjalan. Hmm…

Balik lagi, terlepas dari mereka bener-bener menyalurkan sumbangan ke tangan yang bener atau gak, gue salut sama “cara” mereka. Body art ; full body painting & robot style, panas-panas turun ke jalan, rambut ampe kelopak mata juga ikut-ikutan di cat, nginjek aspal yang panasnya gila kalo di siang bolong. Tapi kalo ujan, langsung lari kocar-kacir. Hha…

Sebagai masyarakat yang pinter, sebaiknya kita kudu “cermat”, gak perlu menghakimi si A si B atau siapalah, cukup teliti sendiri. Kalo menurut kita emang “kudu” dikasih, why not? Tapi kalo gak, kita juga gak perlu men-judge blah bleh blah bleh…kecuali kalo udah ada “sikap tegas” dari pemerintah yaaa.. :D
Give And Thanks





Sumber:
     1.       http://www.inilah.com/read/detail/1922904/tertibkan-manusia-bercat-silver-peminta-sumbangan
     2.       http://tabekpuang.blogspot.com/2012/05/inilah-gambar-gambar-peminta-sedekah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar